contoh laporan PPL SMP

BAB I
PENDAHULUAN

A. Pengertian Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tarbiyah
Bertolak dari asumsi bahwa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah titik kulminasi (puncak) dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa dalam bangku kuliah. Oleh karena itu PPL dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan yang bertujuan untuk menerapkan dan menanamkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang profesional. Dengan demikian maka PPL adalah program pendidikan yang memprasyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dari semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan, baik kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan dalam bentuk pembelajaran terbatas (Micro Teaching), pelatihan terbimbing, dan pelatihan mandiri yang diarahkan pada terbentuknya kemampuan keguruan, yang terjadwal secara sistematis di bawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong.
Apabila dipandang dari sudut kurikulum, PPL adalah suatu program mata kuliah proses belajar-mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL dirancang untuk menyiapkan mahasiswa calon guru untuk memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang menyeluruh dan terpadu, sehingga setelah mahasiswa tersebut menjadi guru, mereka dapat mengemban tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.
Apabila dipandang dari sudut isi, PPL adalah seperangkat komponen pelatihan prajabatan guru yang berlangsung dalam siklus teori dan praktek secara berlapis dan berulang pada setiap langkah yang dipersyaratkan dalam program pelatihan tersebut. Setiap langkah dalam komponen pelatihan tersebut selalu mengacu pada teori yang telah dipelajari dan menuju pada praktek pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam berbagai kondisi.


B. Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila bertujuan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil, sehat jasmani dan rohani, sejalan dengan pengembangan iklim belajar dan mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta perilaku yang inovatif, kreatif dan berkeinginan untuk maju. Pembangunan nasional perlu terus ditata, dikembangkan dan dimantapkan dengan melengkapi berbagai ketentuan dan peraturan perundang-undangan seperti pelaksanaan PPL, berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI. Nomor 021/U/1982 dan Nomor 0212/U/1982 serta Peraturan Pemerintah RI. No 30 Tahun 1990. Program Praktik Pengalaman lapangan merupakan suatu upaya dalam mempersiapkan dan membentuk tenaga kependidikan yang profesional serta untuk meningkatkan mutu para calon guru / pengajar yang ahli dalam bidangnya.

C. Tujuan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Tujuan umum PPL adalah untuk melatih mahasiswa calon guru agar memiliki pengalaman kegiatan kependidikan secara faktual sehingga akan terbentuk tenaga kependidikan yang profesional, yaitu tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya sebagai guru, serta mampu menerapkan/memperagakan kinerja dalam situasi nyata, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Sedangkan tujuan khususnya adalah sebagai berikut:
1) Mahasiswa mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, akademik dan sosial psikologis di lingkungan sekolah sebagai tempat pelatihan berlangsung.
2) Mahasiswa menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar.
3) Mahasiswa mampu menerapkan berbagai kemampuan professional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata.
4) Mahasiswa mampu mengembangkan aspek pribadi dan social di lingkungan sekolah.
5) Mahasiswa mampu menarik kesimpulan edukatif dari penghayatan dan pengalaman selama pelatihan melalui refleksi dan menuangkan hasil refleksi ke dalam laporan.
Sasaran dari PPL Keguruan ini adalah membentuk kepribadian calon pendidik yang :
l. Memiliki kepribadian yang baik.
2. Mampu menerapkan teknik-teknik pembelajaran kepada peserta didik.
3. Memiliki sikap Tut Wuri Handayani, serta
4. Tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

D. Rencana Kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL)
Program Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan dilaksanakan setiap awal semester. Sebelum kegiatan PPL ini dimulai, dipersiapkan terlebih dahulu hal-hal berikut :
l. Menginventarisir mahasiswa calon peserta PPL Keguruan yang memenuhi persyaratan.
2. Menetapkan Dosen Pembimbing dan menentukan distribusinya.
3. Memberitahukan ke setiap sekolah sebagai tempat pelaksanaan PPL.
4. Mengadakan pembekalan bagi mahasiswa calon pelaksana PPL.
5. Memohon surat tugas kepada Dekan untuk Dosen Pembimbing.
6. Mengadakan formulir-formulir yang diperlukan.
Rencana kegiatan Program Pengenalan Lapangan ini dimulai pada bulan November 2008 sampai dengan Oktober 2009 untuk semester ganjil tahun akademik (2008/2009).








BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN

A. Pembekalan PPL
Pembekalan PPL dilaksanakan oleh STAI SMQ Bangko untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada mahasiswa calon guru tentang berbagai hal yang berhubungan dengan seluk-beluk kegiatan PPL. Setelah mahasiswa calon guru menerima materi pembekalan PPL, diharapkan mereka tidak menemui kendala yang berarti dalam melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tempat praktik. Materi pembekalan yang disampaikan berupa keterampilan belajar mengajar. keterampilan penguasaan kelas, interaksi sosial mahasiswa calon guru dengan siswa, kepala sekolah, guru dan pegawai administrasi, mengenal kondisi lingkungan sekolah tempat praktik, dan lain sebagainya.
Pembekalan PPL semester ganjil tahun 2008/2009 dilaksanakan selama 3 hari bertempat di ruang Aula Sekolah Tinggi Agama Islam SMQ Bangko Tanggal November 2008 - Pukul 07.30 - Selesai WIB. Mahasiswa / calon guru menerima materi pembekalan yang disampaikan oleh :
1. Kepala STAI SMQ Bangko Bapak Drs. Sibawaihi,S.H selaku penanggung jawab PPL tahun akademik 2008/2009
2. Bapak H. Firdaus Zuhri,S.Sos.I.,M.A selaku Ketua Panitia Pelaksana PPL tahun akademik 2008/2009
3. Ibu Hindun S,Ag selaku pemberi materi tentang Micro Teaching
4. Ibu Erda Haryanti,S.Ag selaku Dosen Pembimbing Lapangan

B. Kegiatan PPL
1. Latihan Mengajar Terbimbing
Latihan Mengajar terbimbing adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh calon guru dalam mengajar dengan dibantu atau di bimbing oleh guru pamong.
Dalam Latihan Mengajar Terbimbing calon guru terlebih dahulu memperhatikan bagaimana cara guru pamong melaksanakan kegiatan mengajar dikelas, selain itu juga seorang guru mampu mengawasi kelas agar KTSP dapat berjalan dengan baik. Karena calon guru di ajar untuk dapat memahami setiap karakter setiap anak.
Latihan mengajar bagi calon guru merupakan langkah awal dalam mengajar sebelum mengajar mandiri.Dalam Latihan Mengajar terbimbing diajarkan terlebih dahulu bagaimana mempersiapkan belajar mengajar setiap hari.Calon guru juga dianjurkan bagaimana cara memindahkan diri suatu kegiatan mingguan (SKM) ke suatu kegiatan harian (SKH), yang mana satuan kegiatan mingguan (SKM) dibuat berdasarkan GBPKB.

2. Latihan Mengajar Mandiri
Sebelum Mengajar mandiri dilakukan, calon guru harus mampu memahami bagaimana menjadi guru yang baik.Setelah calon guru mampu memahami bagaimana menjadi guru, setelah itu guru dapat melakukan latihan belajar mandiri.
Sebelum calon guru dibekali dengan ilmu dibangku kuliah dan ditambah dengan latihan mengajar terbimbing, maka calon guru tersebut sudah mampu menerapkan ilmu-ilmu diwaktu latihan mengajar mandiri.
Dalam latihan mengajar mandiri, calon guru diberi kebebasan dalam menerapkan ilmu-ilmunya. Akan tetapi calon guru dapat memilihdan menyesuaikan ilmu dengan kemampuan dan keadaan anak. Sebelum kegiatan belajar mengajar seorang guru terlebih dahulu membuat perencanaan kegiatan. Perencanaan Kegiatan adalah yang dilakukan oleh seorang guru guna mempersiapkan diri dalam mempersiapkan diri dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

C. Kegiatan Non Mengajar
1. Kegiatan administrasi
Administrasi sarana dan prasana pendidikan merupakan seluruh proses kegiatan yang digunakan dan diusahakan dengan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara kontinyu agar senantiasa siap dalam proses belajar mengajar, sehingga proses belajar mengajar semakin efektif dan efesien guna membantu tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Adapun Administrasi yang dipakai adalah sebagai berikut :
a. Buku agenda, surat masuk dan surat keluar.
b. Surat ekfedisi, yaitu surat yang telah dikeluarkan atau surat bukti tandatangan yang bersangkutan.
c. Buku penerimaan murid.
d. Buku Induk
e. Buku Absensi Anak dan Guru.
f. Infentaris.
g. Buku Keuangan.

2. Kegiatan Kurikuler Dan Ekstra Kurikuler
a. Kegiatan Kurikuler
1) Kegiatan belajar mengajar di kelas yang dilakukan setiap hari senin sampai hari sabtu, masuk jam 07.15 WIB dan pulang jam 13.20 WIB.
2) Kultum yang dilaksanakan setiap hari jum’at sebelum pelajaran dimulai.
3) Pengembangan diri sesuai dengan bakat siswa masing-masing setiap hari sabtu yaitu pengembangan diri olahraga ( basket, voli, badminton, tennis, sepakbola, takraw ), Seni ( tari, drama, puisi, musik ), life skill ( pangkas rambut, menjahit, membatik ), keagamaan ( seni baca Al-Qur’an ).
b. Kegiatan Ekstra Kurikuler.
1) Pramuka
Suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah tanggungjawab orang dewasa yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan di luar lingkungan pendidikan keluarga dan di alam terbuka dengan menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia, agar supaya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental - moral - budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya, tinggi kecerdasan dan keterampilannya, kuat dan sehat fisiknya; Menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.
2) Kesenian
Kesenian merupakan salah satu unsur dari tujuh unsur kebudayaan. Namun kebanyakan orang menganggap, kebudayaan adalah kesenian. Ini memang dapat dipahami, karena kesenian sangat erat kaitannya dengan nilai estetika. Pepatah mengatakan, dengan ilmu hidup jadi mudah, dengan seni hidup jadi indah.
Kegiatan ekstrakurikuler kesenian merupakan wadah bagi siswa-siswi untuk berkarya dan berkreativitas dengan dilandasi nilai-nilai estetika, sehingga kehalusan rasa dan estetika siswa dapat tersalurkan dengan baik.
3) Olahraga
Prestasi siswa SMPN 6 Merangin di bidang olahraga tidaklah kalah dengan sekolah lain, dan sangat diperhitungkan. Ini terbukti dengan banyaknya piala dan piagam yang tersimpan di ruang kepala sekolah maupun perpustakaan. Begitu banyak bakat dan minat siswa di bidang ini. Hal itu terlihat dari jumlah siswa yang tidak sedikit yang mengambil kegiatan ekskul olahraga.
4) Pembinaan Olimpiade
Kegiatan ekstrakurikuler bidang keilmuan ditekankan pada rasa keingintahuan siswa dalam bidang-bidang tertentu, dan lebih diarahkan pada penelitian atau studi banding. Dengan demikian, siswa dapat menjawab pikiran kritis tentang ilmu yang mereka dalami sekaligus memperdalam pengetahuan yang mereka dapat dari sekolah
5) Ketrampilan ( life skill )
Sedangkan di bidang keterampilan, siswa diharapkan mampu menguasai berbagai bidang keahlian khusus, misalnya terampil berbahasa, menggunakan komputer,dan lain lain
6) Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
Melatih siswa untuk mengembangkan kemapuan dan keilmuan mereka sehingga mampu menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat, yang bisa dikembangkan menjadi karya ilmiah.
7) Kelompok Ikatan Remaja Masjid (IRM)
Kelompok siswa yang ada didalamnya dilatih untuk berorganisasi serta meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang social keagamaan. Misalnya mengadakan kegiatan keagamaan disekolah bekerjasama dengan OSIS.
8) English Club
Kegiatan yang bertujuan mengembangkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris secara aktif baik dilingkup sekolah maupun diluar sekolah.



















BAB III
HISTORIS SMP NEGERI 6 MERANGIN


A. Sejarah singkat SMP Negeri 6 Merangin
Sekolah ini berdiri sudah cukup lama yaitu pada tahun 1982. Dalam perkembangannya sekolah ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dan menjadi salah satu basis pendidikan menengah di Pamenang pada waktu itu.
Pada tahun 2006 sekolah ini berganti nama menjadi SMP Negeri 1 Pamenang Barat (dengan adanya pemekaran daerah merangin nama sekolah diseragamkan berdasarkan nama dari masing masing nama kecamatan )
Tahun 2008 berdasarkan Keputusan Bupati Merangin Nomor : 312 tahun 2008 SMP 1 Pamenang Barat berubah menjadi SMP Negeri 6 Merangin
Keberadaannya yang jauh dari kota tidak menyurutkan semangat seluruh komponen sekolah dan masyarakat disekitarnya untuk terus berbenah menuju perubahan positif. Inilah yang membuat SMP Negeri 6 Merangin bisa berprestasi baik diwilayah Merangin sendiri, propinsi Jambi bahkan prestasi tingkat nasional.
Dengan Dasar Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktur Jenderal Manajemen Dikdasmen Diknas Nomor: 1393/C3/DS/2008 sekolah ini ditetapkan sebagai Sekolah Tinggat Pertama Standar Nasional ( SSN ) Negeri Merangin, yang merupakan satu-satunya sekolah menengah di kabupaten Merangin yang berstandar nasional pada saat ini. Tidak hanya itu saja SMP Negeri 6 Merangin saat ini tengah bersiap-siap menuju rintisan sekolah bertaraf Internasional ( SBI ), sehingga kedepannya sekolah ini diharapkan lebih mendunia dan lebih berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

B. Identitas Sekolah
1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 6 Merangin
2. NSS : 201 10 06 001
3. Tahun didirikan : 1982
4. Jenjang Akreditasi : B
5. Alamat Sekolah :
Desa : Pinang Merah BI
Kecamatan : Pamenang
Kabupaten : Merangin
Propinsi : Jambi
Kode Pos : 37352
Telepon : 08192436404
Nomor Rekening : 0275-01-011775-50-2
Nama Bank : BRI Cabang Bangko
Kantor : Bangko
Pemegang Rekening : Kepala dan Bendahara Sekolah
Luas Tanah : 70.000 m2
Luas Seluruh Bagunan : 20.000 m 2



Data Siswa dalam 5 tahun Terakhir
Th Ajaran Jlh.
Pendaftar
(Cln Siswa Baru) Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Jumlah
(KlsI+KlsII+KlsIII
Jumlah siswa
(orang) Jumlah Rombel (orang)umlah siswa Jumlah Rombel Jumlah siswa
(orang) Jumlah Rombel Siswa Rombel
2003 / 2004 187 87 3 98 3 87 3 256 9
2004 /2005 178 78 3 83 3 97 3 268 9
2005./ 2006 197 93 3 93 3 83 3 267 9
2006./ 2007 209 83 3 93 3 93 3 259 9
2007./ 2008 202 102 3 83 3 87 3 272 9
2008./ 2009 2001 102 3 89 3 77 3 278 9

C. Identitas Kepala Sekolah
a. Nama : DRS. HERUNOTO
b. N I P : 132105212
c. Pangkat, Gol : Pembina, IV/a
d. Pendidikan Terakhir : S-I / A-IV
e. Jurusan Ijazah : Pendidikan Seni Rupa
f. Nomor SK Kepala Sekolah : 205 Tahun 2005
g. Dilantik di sekolah ini : 20 April 2005


Laboratorium Bahasa Ada alatnya ruang belum Ada menggunakan ruangan Labor Fisika - -
Ruang TU ada 50 % ada ada
Lapangan Upacara ada 70% ada ada
R. Batik ada rusak ada Ada
WC ada Baik tetapi belum memenuhi standar 1:20 ada Ada


D. Data Guru dan Pegawai
No Nama / NIP Pangkat / Gol Jabatan Pendidikan
1. Drs. Herunoto
132105212 Pembina,
Gol IV/A Kepala Sekolah S.I / IV
2. Suyono,S.Pd
131789171 Pembina,
Gol IV/A Wakil Kepala S.I / IV
3 Roskima Rambe
131566534 Pembina,
Gol IV/A Guru S.I / IV
4 Supiyarni,S.Pdi
131853156 Pembina,
Gol IV/A Guru S.I / IV
5 Dra. Suliyastuti
132134548 Pembina,
Gol IV/A Guru S.I / IV
6 Syafril.K.S.Pd
131699686 Pembina,
Gol IV/A Guru S.I / IV
7 Suyatno,S.Pd
132169548 Penata TK.I Gol III/D Guru S.I / IV
8 Surjono,S.Pdi
131994055 Penata TK.I Gol III/D Guru S.I / IV
9 Khuzainab,S.Pd
132194093 Penata
Gol III/c Guru S.I / IV
10 Nurrani,S.Pd
132280335 Penata Muda Gol III/B Guru S.I / IV

11 Badariah, A Md
430016130 Pengatur Tk I
Gol.II/d Guru D3/A3
12 M.Warasto,S.Pd
151200360 Penata Muda III.A Guru S.I / IV
13 Suhartatik, S.Pd
50200388 Penata Muda III.A Guru S.I / IV
16 Sri Wahyuni, S.PdI GTT Guru S.I / IV
17 Suwono, A Md GTT Guru D3/A3
18 Sari Ristianti, S.Pd GTT Guru S.I / IV
19 M. Zaini Ardiyanto, S.H.I GTT Guru S.1/A2
20. Muzakaar GTT Guru STM
21. Hj, Kasmirah GTT Guru Kursus
22 Fitri GTT Guru Kursus
23 Ngadiman GTT Guru Pelatih
24. Sandiko Aji GTT Guru Pelatih
25. Erlinda Hutagaol
NIP.131904252 Pengatur TK.I II.D Ka.Tata Usaha SMA
26. Risma Liana S
NIP. 132000105 Pengatur TK.I II.D Tata Usaha SMA
27 Khopi’ah - Pustakawati SMA
28 Nurjannatunnaim - Tata Usaha D3
29 Jamil - Penjaga/pes SMA



E. Keadaan Siswa
Data Sekolah 2006 - 2007 2007 - 2008
Jumlah Murid ( Kls 1 s.d 3 ) 259 272
Jumlah Murid Drop out ( DO ) 0 0
Jumlah Ruang Kelas 9 9
Jumlah Rombel 9 9
Jml.SD Pendukung / Rayon 6 4
Nilai Rata – Rata UAN 7,22 7,29
Jumlah Guru 13 13
Jumlah Guru honor 8 9




F. Sarana dan Prasarana
Ruang Kelas : 9 ruang ( baik)
Laboratorium IPA : 2 ruang (1 rusak)
Laboratorium Bahasa : ada ( baik)
Laboratorium Komputer : 1 ruang ( ruang khusus tidak ada )
Perpustakaan : 1 ruang ( baik)
Kantor Kepala Sekolah : 1 ruang ( baik)
Kantor Tata Usaha : 1 ruang ( baik)
Kantor Guru ` : 1 ruang ( baik)
Ruang BK : 1 ruang (baik)
Ruang OSIS /Pramuka : 1 ruang (baik )
Ruang Ketrampilan : 1 ruang ( rusak)
Ruang Serbaguna : 1 ruang ( baik )
Rumah Penjaga : 1 ruang ( rusak)
Mushalla : 1 ruang ( baik)
Ruang Multi Media : 1 ruang ( baik )

G. Prestasi Sekolah 2004/2008
No KEGIATAN LOMBA PERINGKAT JUARA EVEN LOMBA KET
1 Lari 400 m pi I Porseni Kab Merangin 2004
2 Lompat Jauh pa I Porseni Prov. Jambi 2004
3 Finalis - Lomba Keberhasilan Guru 2004
4 Lomba UKS I UKS Prov. Jambi 2004
5 Guru Teladan II Provinsi. Jambi 2004
6 Juara Umum Haornas I Kec. Pamenang 2004
7 Lukis I Porseni Prov. Jambi 2004
8 Lari 200 m pi I Porseni Prov. Jambi 2004
9 Tolak Peluru pa I Porseni Prov. Jambi 2004
10 Estapet pi II Porseni Prov. Jambi 2004
11 Lompat tinggi pa I Porseni Kab Merangin 2004
12 Juara Umum Porseni II Porseni Prov. Jambi 2004
13 Simposium Guru I Nasional Ke IV
14 Sekolah Sehat II Provinsi. Jambi 2005
15 Poster Lingk.Hidup II Hari Lingkungan hidup Prov Jambi 2005
16 Jambore Ranting pi I Jamran Pamenang 2005
17 Lomba UKS I UKS Prov. Jambi 2005
18 Tenis Meja II Porseni Kab Merangin 2005
19 Gerak Jalan indah H III HUT RI Kab Merangin 2005
20 Olimpiade IPA I Olimpiade Kab. Merangin 2005
21 Lukis I Porseni Prov. Jambi 2005
22 Simposium Kep. Sekolah II Tk. Provinsi Jambi 2005
23 Sekolah Sehat I Kab Merangin 2005
24 Wiyata Mandala I Kab Merangin 2005
25 IJSO - Provinsi. Jambi 2006
26 Sekolah Sehat I Provinsi. Jambi 2006
27 Poster Lingkungn Hidup I Kab Merangin 2006
28 Poster Lingkungn Hidup III Kab Merangin 2006
29 Sekolah Benuansa lingk I Provinsi. Jambi 2006
30 Lomba UKS I Kab Merangin 2006
31 Estapet pi I Kab Merangin 2006
32 Lukis Porseni I Kab Merangin 2006
33 Lompat Tinggi I Kab Merangin 2006
34 Lompat Jauh I Kab Merangin 2006
35 Lukis Kemah Budaya putri I Provinsi. Jambi 2006
36 Lukis Kemah Budaya putra III Provinsi. Jambi 2006
37 Lukis Porseni II Provinsi. Jambi 2006
38 Lukis Hari Pramuka putri I Kab Merangin 2006
39 Lukis Hari Pramuka putra III Kab Merangin 2006
40 Lagu Hymne Satya Dharma P Harp I Kab Merangin 2006
41 Lukis Kemah Budaya III Kab Merangin 2006
42 Barisan Indah Putra HUTRI II Kab Merangin 2006
43 Enduro Drum Band III Kab Merangin 2006
44 Spid mars Drum Band II Kab Merangin 2006
45 Wiyata Mandala I Kab Merangin 2007
46 Lomba Lagu Daerah II Kab Merangin 2007
47 Perpustakaan peserta Tk . Nasional 2007
48 Karya Tulis Ilmiah peserta Tk . Nasional 2007
49 Melukis Porseni I Kab Merangin 2007
50 Lari 80 m II Kab Merangin 2007
51 Lompat Tinggi pa III Kab Merangin 2007
52 Lompat Tinggi pi I Kab Merangin 2007
53 Poster I Kab Merangin 2007
54 Poster Hari Ling Hidup Harp. I Provinsi Jambi 2007
55 LCC Harp. I Kab Merangin 2007
56 Kepala Sekolag Ber[restasi II Prop Jambi 2007
57 Barisan Indah Putra Harp. I Kab Merangin 2007
58 Barisan Indah Putri Harp. I Kab Merangin 2007
59 Paduan Suara I Kab Merangin 2007
60 Karnafal I Pamenang 2007
61 Sekolah Sehat I Kab Merangin 2007
62 Sekolah Sehat I UKS Prov. Jambi 2008
63 Sekolah Sehat - Nasional
64 Olympiade IPA II Kab Merangin 2008
64 Olympiade Fisika 10 besar Jambi 2008
65 Lukis OOSN I Kab Merangin 2008
66 Silat Pa OOSN II Kab Merangin 2008
67 Sillat Pi OOSN I Kab Merangin 2008
68 Sillat Pi OOSN II Kab Merangin 2008
69 Kriya OOSN I Kab Merangin 2008
70 Kriya OOSN II Kab Merangin 2008
71 Kriya OOSN III Kab Merangin 2008
72 Cipta Puisi OOSN III Kab Merangin 2008
73 Engglish Story Telling OOSN III Kab Merangin 2008
74 Poster Lingkungan Hidup I Kab Merangin 2008
75 Menulis Cerpen OOSN III Jambi 2008
76 Silat Putri OOSN III Jambi 2008
77 Lukis OOSN III Jambi 2008
78 IPTEK Tertulis Nasional 49 Nasional



PROGRAM KEGIATAN MAHASISWA PPL
DI SMP NEGERI 6 MERANGIN

No Hari/ tanggal Jenis Kegiatan Hasil yang dicapai Keterangan
1

2

3




4



5



6

7

8 Jum’at

Sabtu

Senin




Selasa



Rabu



Kamis

Jum’at

Sabtu Pembekalan PPL

Micro Teaching

Serah terima mahasiswa PPL S1 STAI SMQ Bangko ke SMP Negeri 6 Merangin oleh DPL

Musyawarah anggota PPL dengan pihak sekolah SMP Negeri 6 Merangin

Pengarahan oleh kepala sekolah, pembagian kelas dan guru pamong

Observasi sekolah

Mengikuti kultum,

Pertemuan mahasiswa PPL untuk membuat program kegiatan, KBM pertama ( pengembangan diri Seni Baca Al-Qur’an ).
Terlaksana dengan baik



Terlaksana dengan baik




Terlaksana dengan baik



Terlaksana dengan baik



Terlaksana dengan baik

Terlaksana dengan baik

Terlaksana dengan baik Kelompok



Kelompok




Kelompok



Kelompok



Kelompok

Kelompok

Kelompok,
individu

Pamenang, November 2008
Diketahui Oleh,
Dosen Pembimbing Lapangan Guru Pamong Guru PPL



Erda Haryanti, S.Ag Surjono, S.Pd.I Moh. Muzakkin.H NIP.1319940515 NIM.25.25.215


Kepala SMPN 6 Merangin



Drs. Herunoto
NIP. 132105212

A. LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN INDIVIDU

Nama : Moh. Muzakkin. H
NIM : 25.25.215
Tempat PPL : SMPN 6 Merangin
Jurusan : S1 Tarbiyah/ PAI
Minggu ke : II

No Hari/ Tanggal Jenis Kegiatan Hasil yang dicapai Keterangan
1
2
3
4
5


Pamenang, November 2008
Diketahui Oleh,
Dosen Pembimbing Lapangan Guru Pamong Guru PPL



Erda Haryanti, S.Ag Surjono, S.Pd.I Moh. Muzakkin.H NIP.1319940515 NIM.25.25.215


Kepala SMPN 6 Merangin



Drs. Herunoto
NIP. 132105212

3 komentar:

Aul Howler's Blog mengatakan...

Aslm...

Salam ukhuwah, Akh.
Aul mau nanya, gimana ya, cara menampilkan comment yang dikirim orang buat postingan kita ke halaman depan blog kita..??

Syukron bantuannya..

Aslm..

Anonim mengatakan...

Hello. And Bye.

Jalingkak mengatakan...

asalamualaikum,
sdraku..
punya ga contoh laporan yang dah jadi buat perbandingan aja
tur nihun